Latar Belakang

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah salah satu program studi yang mengiringi berdirinya IAIN Pontianak yang sebelumnya adalah STAIN Pontianak dan ketika di awal perintisannya masih menjadi cabang IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada, di mana program studi yang beroperasi di Pontianak hanya ada dua yakni Pendidikan Bahasa Arab dan Pendidikan Agama Islam.

Pendidikan Bahasa Arab didirikan pada tahun 2002 dengan SK Pendirian No. DJ.II/333/2/2002 tanggal 16 Oktober tahun 2002. Hasil Akreditasi BAN-PT terakhir untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah B. Namun seiring dengan perkembangan dan persaingan di dunia global semakin ketat,terjadi pergeseran paradigma terhadap optimalisasi peran perguruan tinggi tidak hanya sebagai agent of education, agent of research tapi juga menjadi agent of culture,knowledge,technology transfer bahkan sudah harus menjadi agent of economic development.

Dengan demikian Program Studi Pendidikan Bahasa Arab harus berbenah agar lulusan yang dihasilkannya tidak jauh tertinggal dan mampu ikut bersaing baik di tingkat nasional maupun tingkat Internasional.
Agar mampu merealisasikan tugas dan perannya program studi Pendidikan Bahasa Arab menyusun kurikulum yang didasarkan pada visi dan misi Program Studi yang ditunjang oleh program kerja selama 5 tahun ke depan yang dituangkan melalui rencana strategis program studi tahun 2014-2018. Penyusunan Rencana Strategis Program Studi Pendidikan Bahasa Arab didasarkan kepada tiga Pilar Rencana Strategis Kementrian Agama, yaitu (1) pemerataan dan perluasan akses pendidikan, (2) peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing, dan (3) penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik. Tiga Isu Strategis yang tertuang dalam Dokumen HELTS (Higher Education Long Term Strategy) 2003-2010 Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional, yaitu (1) daya saing bangsa, (2) otonomi dan desentralisasi, dan (3) kesehatan organisasi, juga merupakan isu strategis yang digunakan sebagai dasar dalam penyusunannya.