Peserta Upgrading Berfoto bersama Ketua Program Studi PBA

Upgrading merupakan sebuah kegiatan pelatihan peningkatan mutu, pengetahuan, dan ilmu berorganisasi bagi pesertanya dalam hal ini para pengurus baru HMPS Pendidikan Bahasa Arab periode 2021/2022.  Kegiatan ini berguna untuk meng-upgrade pesertanya agar bisa menyadari fungsi masing-masing di dalam kepengurusan baru Ormawa FTIK. Kegiatan ini juga berguna untuk membangun semangat kepengurusan yang sesuai tema yaitu “Meningkatkan Solidaritas Pengurus demi Terciptanya rasa Progresif, Loyal dan Bertanggung Jawab”.

Upgrading tahun ini dilaksanakan di Café Qahwah Jl. Alianyang. Kegiatan Upgrading berlangsung Hari Ahad, Tanggal 11 April 2021 pada pukul 19.30 sampai dengan selesai.

Susunan Acara Kegiatan ini dimulai dari berkumpulnya pengurus HMPS PBA dan berangkat bersama menuju lokasi kegiatan. Ketika sudah sampai di lokasi acara, panitia mempersiapkan segala keperluan untuk pembukaan upgrading. Pembukaan Upgrading HMPS PBA dihadiri oleh Kaprodi PBA Dr. Moh Yusuf Hidayat, M.Pd. dan juga Demisioner HMPS PBA tahun 2018-2019 Ahamad Zainuri.

Acara Upgrading dibuka oleh moderator saudara Fahmi, lalu dilanjutkan oleh  Ketua HMPS PBA saudari Ecy Febriana yang menjelaskan tujuan mengadakan upgrading ini. Diperjelas Kembali oleh Demisioner HMPS PBA 2018/2019 tentang fungsi-fungsi dari bidang yang telah di amanahkan.

Kegiatan Upgrading ini berjalan dengan hangat dengan disampaikannya wejangan oleh Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab Dd. Moh Yusuf Hidayat, M.Pd. Beliau mengatakan bahwa jika zamannya bang Zainuri 2.0, zamannya Hapiz 2.1 maka zamannya Ecy harus 2.2. Namanya di-upgrad, siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemaren maka luar biasa dan barang siapa hari kemudian lebih baik dari pada hari sekarang itu lebih bagus lagi. Celakanya hari ini lebih jelek dari hari kemarin. Itu namanya orang-orang yang tidak berkontribusi. Beliau juga mengatakan bahwa “kami-kami menyadari kalau tidak ada HMPS kami tidak bisa apa-apa dan kegiatan HMPS itu harus sesuai dengan VISI dan MISI Prodi. Dahulu IAIN PONTIANAK dikenal dengan IAIN Syarif Hidayatullah cabang Jakarta dan hanya ada satu fakultas di IAIN PONTIANAK yaitu Fakultas Tarbiyah cabanng Jakarta. Dahulu masih jurusan PBA, jurusan PBA itu di bawah fakultas yaitu fakultas tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah dan satu-satunya di Pontianak”, pungkasnya.

Dr. Moh. Yusuf Hidayat membacakan visi dan misi prodi PBA. Visi Prodi PBA yaitu menjadi pusat dan pengembangan tenaga pendidik bidang pembelajaran Bahasa arab yang unggul terkemuka dan terbuka dalam riset keilmuan, keagamaan dan kebudayaan borneo. Misi Prodi PBA yang pertama menyelenggarakan pembelajaran Bahasa arab yang berkualitas; kedua, mengembangkan kemampuan professional dan potensi akademik; ketiga, menyelenggarakan system akademik yang religious; keempat, khazanah Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat; dan yang kelima, yaitu mengembangkan Kerjasama dengan berbagai pihak  salah satunya Universitas Sharif Ali yang berada di Brunei Darussalam.

Penulis: Ecy Febriana

Editor: Arifudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *